Manajemen Waktu
Created by lintaskontainer

Tips Manajemen Waktu Untuk Membantu Bisnis Anda

Posted on

Kita mengetahui waktu merupakan sebuah hal yang penting sehingga lahir istilah waktu adalah uang, termasuk dalam hal bisnis. Oleh karena itu berikut beberapa tips manajemen waktu untuk membantu bisnis anda.

1. Pertahankan prioritas dengan daftar tugas

Sebuah manajemen waktu bisnis klasik, tugas adalah daftar hal-hal yang ingin atau perlu Anda selesaikan dalam hari Anda, disusun berdasarkan prioritas. Hal-hal yang paling mendesak dan penting harus ditempatkan di atas, dan hal-hal yang kurang penting atau tertunda harus ditempatkan di bawah. Namun perlu diingat, daftar tugas yang panjang hanya akan membuat Anda stres yang tidak perlu. Beberapa ahli merekomendasikan untuk membuat daftar tugas harian menjadi 6 item, dan yang lain menyarankan sedikitnya 3.

Untuk melacak apa yang Anda capai sepanjang hari, gunakan daftar periksa dan centang apa yang telah Anda selesaikan seiring berjalannya waktu.

2. Targetkan upaya Anda dengan pemblokiran waktu

Pemblokiran waktu adalah teknik manajemen waktu yang bermanfaat bagi banyak pemilik usaha kecil. Ini adalah praktik membagi pekerjaan Anda menjadi beberapa bagian waktu khusus, kebalikan dari multitasking, di mana perhatian tersebar secara tidak efisien ke beberapa aktivitas sekaligus.

Idenya adalah dengan berfokus pada satu hal pada satu waktu, Anda dapat mendedikasikan perhatian dan energi untuk setiap tugas dan menyelesaikannya lebih cepat dan dengan standar yang lebih tinggi. Cara yang bagus untuk mendekati pekerjaan jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengatur waktu sebagai pemilik bisnis.

Untuk membatasi waktu pada hari Anda, Anda perlu menjadwalkan jam kerja yang tersedia dan menetapkannya ke item dalam daftar tugas Anda. Untuk manajemen waktu yang efektif, Anda tidak perlu melakukan hal terpenting dalam daftar terlebih dahulu di pagi hari.

Sebaliknya, Anda harus menetapkan tugas utama Anda pada bagian hari ketika Anda tahu Anda akan menjadi paling produktif. Jika Anda orang yang suka bangun pagi, itu mungkin hal pertama. Jika Anda suka tidur malam, sore hari mungkin adalah waktu yang tepat untuk Anda.

3. Pisahkan perencanaan harian dan mingguan

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengatur waktu dalam bisnis, pisahkan tujuan harian dari tujuan mingguan. Ini adalah kebiasaan yang baik untuk memulai manajemen waktu yang efektif. Penting untuk mengetahui perbedaan antara jadwal harian dan mingguan, karena masing-masing jadwal memiliki nilai tersendiri bagi bisnis Anda.

 Jadwal harian Anda akan mencakup tujuan ‘bisnis seperti biasa’ seperti menjawab email dan panggilan telepon, menghadiri stand-up tim harian, dan tugas rutin lainnya. Hal-hal tersebut menyita waktu Anda sepanjang hari dan perlu diperhitungkan, namun Anda tidak perlu memasukkannya ke dalam agenda mingguan.

Jadwal mingguan memberi Anda gambaran lebih luas tentang kehidupan kerja dan memungkinkan Anda mengelola tugas sepanjang minggu. Apa yang terjadi dalam jadwal harian Anda dapat berdampak pada jadwal mingguan misalnya jika Anda perlu memindahkan tugas dari satu hari ke hari lainnya karena memerlukan waktu lebih lama dari yang direncanakan untuk menyelesaikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *