Bisnis online
Created by lintaskontainer

Risiko yang Mungkin dihadapai oleh Pemilik Bisnis Online

Posted on

Pemilik bisnis baru mungkin tidak menyadari semua risiko yang ada ketika memulai bisnis online dan mungkin berakhir dengan tuntutan hukum yang tidak menaruh curiga. Untuk melindungi wirausahawan muda dan mencegah skenario tersebut terjadi, berikut pada artikel kali ini akan membahas risiko yang mungkin dihadapi oleh pemilik bisnis online.

1. Pelanggaran Hak Cipta

Setiap kali Anda mereproduksi karya orang lain yang dilindungi hak cipta, Anda melakukan pelanggaran hak cipta. Dengan alat internet saat ini, cukup mudah untuk mengunduh dan menyalin hampir semua materi yang Anda temukan online. Namun, jika Anda mereproduksi teks, gambar, kode, musik, video, dan konten lain milik perusahaan lain untuk keuntungan pribadi, Anda dapat menghadapi tuntutan hukum.

Pelanggaran hak cipta jauh lebih mungkin terjadi secara online karena banyaknya konten yang tersedia dan mudah diakses. Jika memulai bisnis online, Anda harus menasihati karyawan Anda untuk tidak menggunakan konten yang ditemukan online tanpa izin yang sesuai, terutama jika konten tersebut berasal dari perusahaan lain.

2. Pelanggaran Merek Dagang

Pelanggaran merek dagang sangat mirip dengan pelanggaran hak cipta. Namun, pelanggaran merek dagang lebih berkaitan dengan branding, seperti penggunaan logo, nama merek, atau nama domain orang lain. Setiap kali Anda menggunakan nama atau logo bermerek dagang, hal itu tidak hanya membingungkan pelanggan Anda, namun juga dapat membawa Anda ke dalam masalah hukum yang besar.

Saat Anda memutuskan untuk mengajukan nama bisnis resmi, Anda harus memastikan tidak ada bisnis lain yang menggunakan nama tersebut. Anda dapat menggunakan direktori nama bisnis online untuk melihat apakah orang lain memiliki merek dagangnya atau tidak sebelum melengkapi dokumen yang diperlukan. Meskipun secara hukum Anda tidak dapat menduplikasi nama domain orang lain, Anda juga harus memastikan bahwa Anda tidak memilih nama yang terlalu mirip dengan nama yang sudah menjadi merek dagang untuk menghindari kebingungan.

3. Privasi dan Keamanan Data

Saat menjalankan bisnis online, Anda bertanggung jawab atas semua informasi pribadi yang dibagikan melalui bisnis Anda, yang meliputi nama, alamat, nomor telepon, nomor jaminan sosial, nomor rekening, dll. Peretas online selalu berupaya mengeksploitasi perusahaan yang sudah ketinggalan zaman. perangkat lunak dan langkah-langkah keamanan, itulah sebabnya Anda selalu ingin bisnis online Anda menjadi yang terdepan dalam privasi dan keamanan data.

Pelanggan hanya ingin berbisnis dengan perusahaan yang memiliki sistem keamanan yang tepat, sehingga mereka tahu semua informasi pribadi mereka dilindungi. Demikian pula, mereka berhak mengetahui bagaimana Anda menggunakan informasi mereka, dengan siapa Anda membagikannya, dan mengapa, bagaimana mereka dapat menilai informasi tersebut jika mereka perlu mengubahnya. Yang terpenting, mereka harus diberi tahu jika informasi mereka dibobol. Sebagai pemilik bisnis, kepentingan terbaik Anda dan pelanggan adalah menerapkan kebijakan privasi jika Anda menangani informasi pribadi, serta sistem keamanan untuk mencegah potensi pelanggaran keamanan.

4. Penipuan

Risiko signifikan lainnya bagi pemilik bisnis online adalah ancaman penipuan atau penipuan. Jauh lebih mudah bagi seseorang untuk melakukan penipuan secara online dibandingkan secara langsung karena mereka mendapatkan keuntungan dari anonimitas di balik layar komputer. Sulit untuk memverifikasi apakah nomor kartu kredit atau informasi bank benar-benar milik orang yang memberikan informasi tersebut ketika Anda tidak dapat melihatnya secara fisik.

Penipuan sangat umum terjadi pada bisnis e-commerce karena seringnya pertukaran produk komoditas, bukan layanan pribadi. Anda dapat dengan mudah mengirimkan barang dagangan kepada seseorang yang memberi Anda informasi palsu, sehingga merugikan uang dan barang dagangan perusahaan Anda. Untuk meminimalkan ancaman penipuan, Anda ingin memantau semua transaksi rekening dan informasi rekening bank dengan cermat, serta selalu memperbarui semua platform online dan perangkat lunak transaksi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *