pajak
freepik.com

Manfaat Internet Banking dalam Pelaporan Pajak

Posted on

Salah satu hal paling berguna tentang Internet banking adalah setelah Anda memiliki informasi akun di komputer Anda, Anda dapat mengekspornya ke program keuangan seperti Microsoft Money dan Quicken untuk lebih baik mengelola berbagai akun rumah tangga Anda. Ini bisa sangat berguna saat waktunya pajak, terutama jika Anda mengekspor rincian akun Anda ke dalam program kalkulator pajak seperti TurboTax.

Namun, menyatukan perangkat lunak dan Internet banking Anda bisa jadi lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Meskipun banyak bank (terutama bank internet-only) baik dalam hal ini dan menawarkan tautan unduhan mudah untuk menyimpan laporan online Anda ke komputer Anda, yang lain hanya menawarkan layanan perbankan internet yang sangat dasar.

Jika bank Anda tidak menghasilkan file ekspor, Anda mungkin beruntung dengan meminta perangkat lunak Anda untuk mengakses langsung akun Internet banking Anda, memberikannya username dan password (tidak perlu dikatakan bahwa Anda tidak boleh memberikan rincian ini kepada perangkat lunak yang tidak sepenuhnya Anda percayai).

Jika itu masih tidak berhasil, jangan khawatir. Cari di web nama bank Anda diikuti oleh ‘perangkat lunak ekspor’, dan seringkali Anda akan menemukan bahwa seseorang telah membuat skrip gratis yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan informasi dari situs web bank Anda. Skrip ini umumnya bekerja dengan meminta Anda untuk menyimpan halaman dari Internet banking Anda menggunakan tombol Simpan atau opsi menu browser web Anda, dan kemudian mengambil file yang dihasilkan dan mengonversinya ke dalam format yang dapat dipahami oleh perangkat lunak keuangan Anda.

Jika semua gagal, hubungi bank Anda dan mintalah bantuan. Jika mereka menolak, dan ini benar-benar penting bagi Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membuka rekening di bank internet, di mana mereka akan lebih memahami terhadap jenis permintaan seperti ini. Anda juga mungkin ingin mengeluh kepada perusahaan pembuat perangkat lunak keuangan, karena mereka mungkin dapat membujuk (atau bahkan membantu) bank untuk mengatasi masalah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *