Bisnis didefinisikan sebagai kegiatan ekonomi terorganisir, di mana pertukaran barang dan jasa terjadi, untuk pertimbangan yang memadai. Ini hanyalah sebuah metode menghasilkan uang, dari transaksi komersial. Ini mencakup semua kegiatan yang tujuan utamanya adalah menyediakan barang dan jasa yang diinginkan kepada masyarakat, dengan cara yang efektif.
Ini adalah upaya sistematis para pelaku bisnis untuk memproduksi barang dan jasa, dan menjualnya di pasar, untuk mendapatkan imbalan, dalam bentuk keuntungan.
Keuntungan memainkan peran yang sangat penting, karena semua aktivitas bisnis diarahkan ke sana, karena keuntungan merupakan insentif bagi para pengusaha, atas usaha mereka, dan dengan demikian, diperlukan untuk setiap bisnis.
Lalu apa saja karakteristik dari bisnis? Berikut di bawah ini terdapat beberapa karakteristik dari bisnis yang wajib para pebisnis ketahui.
Karakteristik Bisnis
- Kegiatan Ekonomi
Bisnis adalah suatu kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan tujuan utama memperoleh uang, yaitu dengan motif ekonomi.
- Produksi/pembelian barang dan jasa
Barang dan jasa diproduksi atau dibeli oleh badan usaha, untuk menambah nilai dan menjualnya kepada konsumen. Barang diproduksi oleh perusahaan atau diperoleh dari pemasok, dengan tujuan untuk dijual lebih lanjut ke konsumen, untuk mendapatkan keuntungan.
- Penjualan barang dan jasa
Bisnis harus melibatkan penyerahan barang kepada pelanggan untuk mendapatkan nilai, melalui penjualan, artinya jika barang tersebut diperoleh untuk konsumsi pribadi, maka transaksi tersebut tidak akan menjadi kegiatan bisnis.
- Kontinuitas dalam transaksi
Setiap bisnis memerlukan keteraturan dalam transaksi, yaitu transaksi pertukaran barang atau jasa yang terisolasi tidak akan dianggap sebagai bisnis. Jadi, untuk dapat berbisnis, transaksinya harus dilakukan secara rutin.
- Penghasilan keuntungan
Tujuan dasar bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan dari aktivitasnya. Ini adalah tulang punggung bisnis, yang membuat bisnis tetap berjalan dalam jangka panjang.
- Elemen risiko
Risiko adalah elemen kunci dari setiap bisnis, yang berkaitan dengan paparan terhadap kerugian. Upaya dilakukan untuk memperkirakan kejadian di masa depan dan merencanakan strategi bisnis yang sesuai. Namun, faktor-faktor yang mempengaruhi bisnis tidaklah pasti, begitu pula dengan peluang bisnis, yang dapat berupa pergeseran permintaan, jatuhnya harga, pemogokan, penutupan perusahaan, fluktuasi pasar uang, dan lain-lain.
- Keuntungan yang tidak pasti
Dalam bisnis, keuntungan tidak dapat diprediksi dan dijamin, yaitu jumlah uang yang akan diperoleh dari bisnis tersebut tidak dapat dipastikan. Bisa jadi bisnis tersebut memperoleh keuntungan besar atau mengalami kerugian besar.
- Sah dan Sah
Apapun jenis bisnis yang dijalankan perusahaan, bisnis tersebut harus legal di mata hukum, jika tidak, bisnis tersebut tidak akan dianggap sebagai bisnis.
- Kepuasan konsumen
Tujuan suatu usaha adalah untuk menyediakan barang dan jasa kepada konsumen, sehingga dapat memuaskan keinginannya, karena apabila konsumen (pengguna akhir) merasa puas maka ia akan membeli barang atau jasa tersebut. Namun jika tidak, ada kemungkinan mereka akan mencari penggantinya.