Risiko Bisnis
Created by Lintaskontainer

Jenis Risiko Bisnis Yang Harus Dikelola Perusahaan

Posted on

Setiap bisnis menghadapi risiko yang dapat memengaruhi seberapa baik kinerjanya dan, pada akhirnya, keberhasilan atau kegagalannya. Namun risiko bisnis yang berbeda-beda, bahkan risiko umum yang dihadapi oleh semua perusahaan  tidak berdampak sama pada setiap perusahaan. Oleh karena itu, para pemimpin perusahaan harus mengetahui tidak hanya risiko apa saja yang dihadapi namun juga kemungkinan bahwa risiko tersebut akan menimbulkan masalah dan dampak bisnis yang dapat ditimbulkannya. Oleh karena itu artikel ini akan membahas mengenai jenis risiko bisnis yang harus dikelola Perusahaan.

Risiko strategis

Risiko strategis berkaitan dengan isu-isu yang dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melaksanakan tujuan strategisnya dan mencapai tujuan bisnisnya. Jenis risiko ini juga menyangkut keunggulan kompetitif organisasi di pasar dan faktor internal atau eksternal yang dapat mengurangi keunggulan tersebut.

Elemen yang perlu dipertimbangkan dalam mengelola risiko strategis mencakup keterampilan dan stabilitas tim eksekutif senior dan manajemen bisnis, kapasitas organisasi untuk menavigasi perubahan bisnis atau pasar, kemampuan organisasi untuk meluncurkan produk dan layanan baru dengan sukses, dan seberapa tangguh organisasi tersebut ketika menghadapi dampak buruk. keadaan.

Risiko operasional

Jenis risiko yang sama besarnya, risiko operasional melibatkan segala sesuatu yang dapat mempengaruhi kemampuan organisasi untuk menjalankan operasi bisnisnya secara efektif dan efisien.

Mengelola risiko operasional berkaitan dengan proses, prosedur, kebijakan, sumber daya manusia, dan sistem yang telah diterapkan oleh perusahaan dan memastikan bahwa proses tersebut dapat mengatasi kejadian buruk.

Risiko operasional sering kali juga mencakup risiko yang terkait dengan rantai pasokan dan vendor pihak ketiga, faktor lingkungan, dan fasilitas organisasi, meskipun beberapa konsultan melihat hal-hal tersebut sebagai kategori risiko yang terpisah.

Risiko proses

Meskipun terkadang dianggap sebagai bagian dari risiko operasional, risiko proses sering kali dimasukkan ke dalam jenis lain. Hal ini secara khusus berkaitan dengan apakah berbagai proses bisnis yang mendukung operasi Perusahaan, mulai dari proses internal inti hingga alur kerja digital dan fungsi rantai pasokan, efektif, efisien, dan tangguh. Jika tidak, organisasi perlu menilai dampak hilir dari kesenjangan proses dan memutuskan bagaimana memitigasi risiko yang diakibatkannya.

Resiko keuangan

Semua perusahaan menghadapi risiko keuangan yang melibatkan faktor bisnis yang dapat mempengaruhi arus kas, profitabilitas, neraca dan bahkan solvabilitas organisasi. Risiko finansial bukan berarti harga saham Anda turun , akan tetapo bahwa kinerja saham adalah hasil—baik positif atau negatif dari seberapa baik suatu perusahaan mengelola risiko keuangannya dan jenis risiko bisnis lain yang dihadapinya.

Risiko hukum

Setiap perusahaan mempunyai sejumlah risiko hukum yang harus dikelola, seperti memastikan bahwa operasi bisnis memenuhi kewajiban kontrak dan mematuhi undang-undang yang relevan. Risiko hukum juga mencakup potensi tanggung jawab atas malfungsi produk atau masalah keselamatan dan tindakan kriminal yang dilakukan oleh eksekutif dan karyawan.

 Mengelolanya mengharuskan perusahaan untuk mengidentifikasi dan memahami konsekuensi dari kegagalan memenuhi kewajiban hukum mereka.

Seperti jenis risiko bisnis lainnya, paparan risiko hukum suatu perusahaan bervariasi berdasarkan beberapa faktor, seperti jenis produk dan layanan yang disediakan. Misalnya, perusahaan rekreasi yang menawarkan tamasya petualangan tinggi biasanya menghadapi peluang lebih besar untuk tuntutan hukum terkait dengan pelanggan yang dirugikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *