bisnis kecil
Created by lintaskontainer

Bisnis Kecil: Pengertian, Ciri-ciri dan Peran

Posted on

Small Business atau bisnis kecil memiliki peran penting dalam perekonomian negara, seperti menciptakan lapangan kerja serta memberikan dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi lokal. Lalu apa itu bisnis kecil? berikut artikel ini akan membahas mengenai pengertian, ciri-ciri dan peran penting bisnis kecil.

Pengertian Small Business

Small Business atau bisnis kecil mengacu pada bisnis dengan ukuran operasi kecil. Ada beberapa kriteria untuk mengkategorikan perusahaan berdasarkan ukuran bisnisnya, antara lain jumlah karyawan, pendapatan, modal yang diinvestasikan, kapitalisasi pasar, dan volume output.

Akan tetapi ada yang menetapkan kategori terhadap bisnis kecil berdasarkan memiliki kurang dari 100 karyawan dalam bisnisnnya. Bisnis kecil biasanya dikelola oleh perorangan atau kelompok kecil.

Ciri-ciri bisnis kecil

Berikut di bawah ini terdapat beberapa ciri dari bisnis kecil, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kepemilikan Pribadi

Salah satu ciri utama usaha kecil adalah kepemilikan pribadi. bisnis kecil sering kali dimiliki oleh individu atau keluarga, bukan oleh pemerintah atau badan publik.

2. Skala Operasional yang Terbatas

Usaha kecil biasanya memiliki skala operasional yang terbatas. Mereka hanya boleh beroperasi di wilayah lokal atau regional tertentu.

3. Fleksibilitas dan Responsif

Karena ukurannya yang kecil, usaha kecil biasanya lebih fleksibel dan responsif dalam menghadapi perubahan pasar dan permintaan pelanggan.

4. Keterlibatan Pemilik Aktif

Pemilik bisnis kecil sering kali terlibat aktif dalam operasional bisnis dan memiliki peran sentral dalam pengambilan keputusan

Peran Bisnis Kecil

bisnis kecil memiliki peranan penting, diantaranya adalah sebagai berikut.

Perusahaan kecil penting bagi perekonomian dan rumah tangga

Meskipun jumlahnya kecil, kontribusinya terhadap perekonomian bisa sangat besar karena jumlahnya yang besar, terutama di negara-negara berkembang. Alasan berikut menjelaskan pentingnya usaha kecil bagi perekonomian.

Mendorong pertumbuhan ekonomi.

 Meski memiliki output yang rendah, bisnis kecil berkontribusi pada kegiatan produktif dengan menyediakan barang dan jasa dalam perekonomian.

Ciptakan lapangan kerja

Usaha kecil menyediakan banyak lapangan kerja. Selain itu, mereka juga dapat merekrut tenaga kerja lokal di lingkungan sekitar mereka, yang seringkali tidak terserap oleh perusahaan besar karena kurangnya keterampilan.

Bisnis mempekerjakan dan membayar pekerjanya

Bisnis kecil juga berkontribusi dalam mengurangi pengangguran serta memiliki manfaat dalam menawarkan pendapatan bagi pekerja,  walaupun tidak setinggi Perusahaan dan bisnis besar. Tapi keberadaannya sangat membantu perekonomian

Memenuhi permintaan lokal

Usaha kecil juga dapat memiliki peranan dalam menyediakan produk dan layanan khusus yang tidak bisa dipenuhi oleh Perusahaan besar, sehingga sangat membantu Masyarakat lokal.

Itulah dia penjelasan mengenai seputar bisnis kecil, dari pengertian, ciri-ciri hingga peran pentingnya. Bagi anda yang memiliki bisnis kecil perlu untuk mengetahui hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *