Bisnis Internasional
Lintaskontainer

Bisnis Internasional: Pengertian, Jenis dan Strategi

Posted on

Di era yang telah semakin berkembang ini bisnis tidak hanya mencakup daerah yang terbatas saja. Namun sudah dapat tersebar luas hal ini yang disebut dengan bisnis internasional, lalu apa itu bisnis internasional? berikut artikel ini akan membahas pengertian, jenis dan strategi bisnis internasional

Pengertian Bisnis Internasional

Bisnis internasional mencakup pertukaran barang dan jasa lintas batas, mencakup beragam transaksi yang melibatkan produk, layanan, atau sumber daya antara beberapa negara. Transaksi ini melampaui batas negara dan mencakup berbagai aspek perdagangan, termasuk penjualan, investasi, logistik, dan banyak lagi. Kekayaan intelektual, seperti paten, hak cipta, merek dagang, dan data, serta manusia dan aset atau kewajiban kontraktual, merupakan komponen integral dari pertukaran ini.

Bisnis internasional lebih dari sekedar pertukaran moneter untuk barang fisik dan mencakup berbagai entitas, mulai dari perusahaan multinasional besar dengan jaringan global yang luas hingga perusahaan kecil yang terdiri dari satu orang yang terlibat dalam impor atau ekspor. Ruang lingkup kegiatan bisnis internasional meliputi ekspor, produksi, perizinan, kontrak, manufaktur, perakitan luar negeri, usaha patungan, dan berbagai moda perdagangan internasional lainnya.

Selain transaksi yang berorientasi pada keuntungan, konsep bisnis internasional yang lebih luas mencakup transaksi yang dimotivasi oleh tujuan non-finansial, seperti triple bottom line, tanggung jawab sosial perusahaan, dan pertimbangan politik. Transaksi ini secara signifikan dapat mempengaruhi keberhasilan jangka panjang suatu organisasi.

Apa Jenis Bisnis Internasional?

Ada tiga jenis bisnis internasional

  • Perdagangan Ekspor: Penjualan produk dan jasa ke luar negeri.
  • Perdagangan Impor: Pengadaan barang dan jasa dari luar negeri.
  • Entrepot Trade: Impor barang dan jasa dengan tujuan untuk diekspor kembali ke negara lain.

Apa Strategi Bisnis Internasional?

Ada empat jenis strategi bisnis internasional diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Internasional

Strategi ini berfokus pada pertukaran barang dan jasa antar negara. Hal ini mencakup ekspor dan impor, melayani pasar internasional dan kebutuhan konsumsi lokal.

  • Multi-Domestik

Perusahaan yang menerapkan strategi multi-domestik berinvestasi di pasar luar negeri dan menyesuaikan produk atau layanan mereka agar sesuai dengan preferensi dan kebutuhan lokal. Pendekatan ini menekankan penyesuaian untuk klien lokal yang beragam.

  • Global

Perusahaan global menerapkan strategi yang bertujuan memanfaatkan skala ekonomi, memperluas kehadiran pasar mereka, dan meningkatkan pendapatan dengan menjual produk mereka di beberapa negara asing. Mereka sering kali melakukan standarisasi penawaran mereka untuk mengurangi biaya dan menarik basis pelanggan internasional yang luas.

  • Transnasional

Strategi bisnis transnasional menggabungkan unsur-unsur pendekatan global dan multi-domestik. Hal ini mewakili salah satu metode paling rumit yang dapat diterapkan perusahaan untuk mencapai ekspansi global, dengan menekankan kemampuan beradaptasi dan pendekatan pertumbuhan yang seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *