Bisnis
Created by lintaskontainer

Apa Keuntungan dan Kerugian Bisnis Internasional?

Posted on

Saat ini bisnis sudah tidak terbatas di satu negara saja, saat ini berbisnis sudah bisa antar negara  sehingga bisa menjadi lebih luas hal ini disebut dengan bisnis internasional. Dalam berbisnis internasional ini juga memiliki keuntungan dan kerugugian. Oleh karena itu Artikel ini akan membahas mengenai keuntungan dan kerugian dari bisnis internasional.

Keuntungan

Bisnis internasional bisa sangat bermanfaat. Mari kita periksa beberapa kelebihannya.

Pendapatan melalui valuta asing:  Perdagangan internasional memanfaatkan perbedaan nilai mata uang, berkontribusi terhadap peningkatan profitabilitas dan memperkuat perekonomian negara asal. Perekonomian yang kuat atau permintaan produk yang tinggi biasanya menyebabkan apresiasi mata uang.

Peluang Kerja: Operasi bisnis internasional memerlukan tenaga kerja yang besar, sehingga menyediakan peluang kerja di banyak negara.

Tujuan Pertemuan: Perusahaan-perusahaan global secara efisien mencapai tujuan mereka yang berorientasi pada keuntungan dengan memanfaatkan teknologi canggih dan memproduksi produk-produk berkualitas tinggi untuk pasar dunia, sehingga menghasilkan pendapatan yang besar.

Peningkatan Pemanfaatan Sumber Daya: Bisnis internasional memaksimalkan pemanfaatan sumber daya karena beroperasi dalam skala besar, mencari sumber daya secara global dan memanfaatkan teknologi dan aset keuangan dari seluruh dunia.

Distribusi Risiko Bisnis: Keuntungan di satu negara dapat mengimbangi kerugian di negara lain, dan kelebihan komoditas dapat diekspor ke negara lain, sehingga mengurangi risiko bisnis.

Manfaat Ekonomi: Kemampuan devisa perdagangan internasional berdampak signifikan terhadap perekonomian suatu negara dan bisnis tertentu. Pemerintah sering kali memberikan keuntungan, fasilitas, konsesi, dan keringanan pajak untuk mendukung perdagangan internasional.

Peningkatan Efisiensi Organisasi: Sektor bisnis global yang terorganisir dengan baik memprioritaskan efektivitas organisasi, menerapkan strategi manajemen bisnis internasional, mempekerjakan staf yang sangat terlatih, dan menawarkan insentif yang menarik, sehingga menghasilkan efisiensi biaya dan keuntungan yang tinggi.

Kemudahan Ekspansi dan Diversifikasi: Bisnis internasional memfasilitasi ekspansi dan diversifikasi yang lebih mudah karena peningkatan pendapatan dan konsesi pemerintah.

Biaya Lebih Rendah: Perusahaan internasional mendapatkan manfaat dari skala ekonomi karena produksi skala besar dan distribusi global, sehingga mengurangi biaya produksi per unit dan menghasilkan keuntungan besar.

Keunggulan Biaya: Perusahaan internasional dapat memperoleh keunggulan biaya dengan melakukan produksi di negara-negara dengan input yang terjangkau dan menjual produk dengan harga lebih tinggi di negara lain, sehingga mengurangi biaya produksi dan keuntungan yang signifikan.

Meningkatkan Daya Saing: Investasi dalam periklanan global, manajemen yang unggul, pemasaran, dan metode teknologi meningkatkan daya saing, memungkinkan perusahaan untuk bertahan terhadap tantangan pasar.

Kekurangan

Meskipun bisnis internasional menawarkan banyak keuntungan, terdapat juga beberapa kelemahan, walaupun relatif sedikit dibandingkan manfaatnya.

Politik Lintas Batas: Perdagangan internasional sangat dipengaruhi oleh faktor geopolitik dan ekonomi. Ketika suatu negara mengalami ketidakstabilan ekonomi, tantangan geografis, atau pergolakan politik, hal ini dapat menimbulkan dampak negatif yang signifikan terhadap lingkungan bisnis internasional. Selain itu, isu-isu global seperti terorisme dapat mengganggu perdagangan lintas batas.

Risiko Operasional: Risiko operasional mencakup potensi kerugian akibat kebijakan, prosedur, sistem yang tidak memadai atau tidak berhasil, kesalahan manusia, kegagalan sistem, aktivitas penipuan, atau kejadian apa pun yang mengganggu aktivitas perusahaan. Mengingat kompleksitas prosedur perdagangan lintas batas, terdapat kemungkinan lebih besar untuk menghadapi tantangan operasional. Perusahaan tidak boleh membuang-buang waktu atau sumber daya, sehingga memerlukan pemantauan yang cermat terhadap lingkungan bisnis internasional untuk mencegah masalah tersebut.­

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *