Bisnis Pemula
Created by lintaskontainer

8 Tips Bisnis yang Wajib Diketahui Para Pemula

Posted on

Memulai sebuah bisnis tidak pernah mudah, apalagi bagi pemula yang belum mendapatkan pengalaman karena dalam memulai bisnis membutuhkan pengorbanan yang tak terhitung jumlahnya, mengatasi ribuan rintangan, menunjukkan kesabaran dan masih banyak lagi. Jika Anda seorang pemula, maka Anda harus lebih berhati-hati dan fokus untuk mengembangkan bisnis Anda. Oleh karena itu artikel kali ini akan memberikan anda 8 tips bisnis yang wajib diketahui para pemula.

Ide Bisnis

Hal terpenting yang harus diperhatikan ketika memulai bisnis Anda adalah ide bisnis Anda harus menguntungkan dan merupakan sesuatu yang Anda kuasai. Bangun bisnis Anda yang memberikan pesan kuat dan memberi nilai tambah bagi kehidupan konsumen.

Teliti tentang pesaing Anda

Pengusaha sering kali menghabiskan waktu dan produknya untuk produknya sendiri, dan sering kali mereka ketinggalan pesaingnya. Pastikan untuk melakukan riset pasar yang cukup untuk membedakan bisnis Anda dari pesaing. Ke mana pun Anda memasuki pasar, calon pemberi pinjaman atau investor ingin tahu apa yang membuat bisnis Anda berbeda dan Anda hanya bisa mengetahuinya jika Anda telah menganalisis pesaing Anda.

Buat Rencana Bisnis Anda

Setiap bisnis pasti memiliki rencana yang menjadi peta jalan untuk mengembangkan bisnis baru. Dokumen rencana bisnis membantu calon investor, lembaga keuangan, dan manajemen untuk memahami perusahaan Anda. Bahkan jika Anda tidak sedang mencari pendanaan apa pun, rencana bisnis membantu Anda memahami ide bisnis Anda dan menemukan potensi masalah.

Berikut beberapa hal yang harus dimiliki rencana bisnis Anda

  • Ringkasan bisnis plan
  • Deskripsi Perusahaan
  • Analisis Pasar
  • Misi dan tujuan
  • Produk atau layanan
  • Ringkasan latar belakang
  • Rencana pemasaran

Daftarkan Bisnis Anda dan Dapatkan Lisensi

Setelah iru langkah selanjutnya adalah mendaftarkan bisnis Anda dan mendapatkan lisensi. Namun, Anda harus mencentang daftar item berikut untuk mempertimbangkan membangun bisnis Anda. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperiksa seperti,

  • Pilih nama bisnis Anda
  • Lengkapi persyaratan hukum dan dapatkan lisensi/izin yang sesuai

Atur keuangan Anda

Sebuah bisnis perlu melengkapi semua keuangannya dan memastikan keuangan bisnis dan pribadinya tetap terpisah. Anda harus memiliki rekening bank bisnis, dan memberikan nama bisnis, serta nomor identifikasi pajak. Anda bisa menyewa seorang pemegang buku atau mendapatkan software akuntansi untuk mengelola keuangan perusahaan Anda.

Ajukan permohonan asuransi bisnis

Anda perlu mengajukan asuransi untuk bisnis Anda yang sebagian besar bergantung pada struktur bisnis Anda dan risiko yang Anda hadapi. Ada beberapa asuransi yang harus Anda miliki di organisasi Anda. Jika Anda memiliki karyawan, maka wajib memiliki asuransi kompensasi pekerja.

Beli alat

Membeli alat bukanlah sebuah pengeluaran melainkan investasi bagi sebuah bisnis karena alat tersebut akan membantu Anda menjalankan bisnis dengan efisien dan lancar. Alat yang tepat dapat membantu bisnis Anda mengotomatiskan tugas, membuat keputusan yang lebih baik, dan yang terpenting menghemat waktu Anda. Anda dapat membeli perangkat lunak Akuntansi, perangkat lunak Manajemen Hubungan Pelanggan, perangkat lunak manajemen proyek, hosting email, dan banyak hal lainnya untuk bisnis Anda.

Pasarkan bisnis Anda

Tidak ada gunanya berinvestasi pada suatu bisnis jika tidak mampu menarik pelanggan. Ketika sebuah bisnis masih baru, pelanggan tidak dapat menemukan bisnis Anda, oleh karena itu, dalam kasus seperti itu, bisnis harus menjangkau pelanggan, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui pemasaran. Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk menjangkau pelanggan Anda, seperti mengembangkan situs web, pemasaran media sosial, direktori online, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *