Media sosial
Created by lintaskontainer

7 Manfaat Teknik Marketing Menggunakan Media Sosial

Posted on

Ada banyak keuntungan marketing media sosial, termasuk pengenalan merek, keterlibatan audiens, dan peningkatan lalu lintas situs web. Berikut artikel ini akan membahas 7 manfaat teknik marketing menggunakan media sosial.

Apa itu marketing media sosial?

marketing media sosial adalah penggunaan situs web dan platform media sosial untuk mempromosikan produk dan layanan serta terhubung dengan audiens. marketing media sosial dapat membantu membangun merek perusahaan Anda, mengarahkan lalu lintas situs web, dan meningkatkan penjualan. Menurut Statista, peningkatan eksposur adalah manfaat utama pemasaran media sosial, diikuti oleh peningkatan lalu lintas dan lebih banyak prospek.

Meningkatkan Merek

Jika dilakukan dengan benar, marketing media sosial dapat memberikan dampak positif pada merek Anda. Ini dapat membantu memanusiakan perusahaan Anda sekaligus membangun kepercayaan, loyalitas, otoritas, dan pengakuan. Dengan memposting konten yang menunjukkan orang-orang di balik merek Anda serta pengguna sebenarnya dari produk Anda, Anda dapat membangun kredibilitas dan kepercayaan merek.

Orang suka melihat keaslian. Dengan menghidupkan nilai-nilai merek Anda dan mengutamakan kebutuhan karyawan dan pelanggan, merek Anda dapat menonjol dari yang lain. Sprout Social menemukan bahwa keselarasan perusahaan dengan nilai-nilai pribadi mereka 74% lebih penting bagi konsumen.

Melibatkan Pelanggan

Media sosial tidak hanya merupakan cara yang baik untuk menumbuhkan kesadaran merek, namun juga menawarkan peluang bagi perusahaan untuk terlibat, merespons postingan, berbagi konten buatan pengguna, dan menindaklanjuti pelanggan yang tidak puas. Tidak seperti media tradisional seperti radio, televisi, surat kabar, dan majalah, media sosial memungkinkan pelanggan dan bisnis untuk berinteraksi.

Mendapatkan perspektif pelanggan tentang produk dan layanan Anda kini lebih mudah berkat media sosial. Anda dapat berbagi konten baru dan mendapatkan masukan langsung mengenai penawaran perusahaan Anda, serta melihat apa yang dikatakan orang tentang perusahaan Anda di akun mereka sendiri.

Mempromosikan layanan pelanggan

Perusahaan Anda mungkin sudah memiliki saluran obrolan, email, dan telepon yang didedikasikan untuk melayani pelanggan Anda, namun media sosial adalah cara hebat lainnya untuk terhubung. Selain itu, karena kritik yang Anda terima melalui media sosial bersifat publik, balasan yang tepat waktu dan bijaksana akan menunjukkan kepada audiens yang lebih luas bahwa Anda mendengarkan masukan dan meresponsnya.

Memberikan penyelesaian kepada pelanggan yang kecewa tidak hanya meningkatkan peluang pelanggan tersebut berbelanja lagi di perusahaan Anda tetapi juga menunjukkan kepada konsumen lain jenis layanan yang Anda tawarkan, membangun kepercayaan dan loyalitas.

Mempengaruhi tingkat penjualan dan konversi

Keberhasilan memasarkan merek Anda atau produk tertentu di media sosial akan berdampak positif pada penjualan dan konversi. Pada akhirnya, tentu saja, itulah tujuan pengeluaran untuk semua jenis pemasaran.

Meskipun banyak prospek yang diperoleh dari media sosial dianggap sebagai saluran terbaik, penelitian industri menemukan bahwa rata-rata orang menghabiskan 147 menit atau hampir dua setengah jam  di media sosial setiap hari. Artinya, konten Anda akan dilihat secara luas dan jika efektif, dapat mendorong pemirsa untuk menjadi pelanggan.

Memperoleh Wawasan dari Pesaing

Anda dapat memperoleh wawasan tentang apa yang perlu Anda tingkatkan dan apa yang tidak boleh dilakukan dengan melihat postingan media sosial pesaing Anda. Hal ini dapat membantu Anda memahami bagaimana mereka memposisikan produk di pasar atau tren apa yang mereka ikuti.

Misalnya, Anda memiliki perusahaan kopi dan musim liburan sudah dekat. Anda menyadari penjualan Anda lebih lambat dari biasanya. Anda dapat memeriksa media sosial dan melihat bahwa perusahaan serupa menyajikan kopi dalam cangkir perayaan sepanjang bulan Desember. Anda dapat meminjam strategi yang Anda lihat di media sosial dan menambahkan sentuhan unik Anda sendiri..

Menarik prospek terbaik

Media sosial bisa menjadi cara terbaik untuk menampilkan merek atau produk Anda kepada audiens baru. Meskipun pemirsa ini mungkin belum siap untuk membeli, dengan mereka cukup menikmati postingan Anda untuk melihat lebih banyak konten Anda. Media sosial memudahkan calon pelanggan menjelajahi merek Anda dengan cara yang sederhana dan rendah komitmen.

Media sosial adalah alat penghasil prospek yang ampuh untuk bisnis, dan banyak platform menawarkan format iklan untuk mengumpulkan prospek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *