Pelajaran Bisnis
Created by lintaskontainer

6 Pelajaran Bisnis untuk Pemula yang Penting Untuk Diketahui

Posted on

Bagaimana menjadi sukses dan tidak takut gagal saat usia Anda di bawah 30 tahun. Memulai bisnis, atau bahkan terlibat sebagai seorang profesional, dapat menjadi hal yang menakutkan ketika Anda masih muda. Anda mungkin memiliki pengetahuan bisnis dari perguruan tinggi, buku, atau nasihat praktis dari sumber online, namun ada perbedaan besar antara memahami dasar-dasar bisnis secara teori dan memperoleh kebijaksanaan melalui pengalaman nyata.

Untuk itu artikel kali ini akan memberikan anda 6 pelajaran bisnis untuk pemula yang penting untuk diketahui.

  1. Carilah Orang yang Tepat

Hampir tidak mungkin membangun bisnis yang sukses sendirian. Bahkan jika Anda seorang wirausahawan tunggal, akan ada mentor, mitra, tenaga penjualan, dan rekan kerja di sisi Anda yang membantu Anda mencapai proyek jangka panjang. Oleh karena itu, menyadari betapa berharganya orang lain akan memberi Anda lebih banyak peluang, membantu Anda tetap waspada terhadap kontak baru, dan membuat Anda lebih menuntut dalam pengambilan keputusan seperti perekrutan dan negosiasi jangka panjang.

Mempelajari pelajaran ini sejak dini akan mencegah Anda membuang-buang waktu pada orang yang salah dan memberi Anda lebih banyak waktu untuk bekerja dengan orang-orang terbaik yang bisa Anda temukan.

  • Tidak Apa-apa Untuk Gagal

Tidak peduli seberapa banyak yang Anda ketahui atau persiapkan, kegagalan akan selalu tak terelakkan. Bisnis Anda mungkin sukses secara keseluruhan, namun akan ada strategi dan kampanye individual yang gagal dan tidak berjalan dengan baik, serta ide-ide yang hilang sama sekali. Menghadapi kegagalan dengan menyadari bahwa dalam beberapa konteks hal ini tidak dapat dihindari akan membuatnya lebih mudah untuk diterima.

Anda mungkin melihatnya sebagai pelajaran dan peluang untuk perbaikan, bukan sebagai titik akhir atau tanda bahwa Anda harus menyerah sepenuhnya.

3. Waktu adalah Aset Anda yang Paling Berharga

Pepatah “waktu adalah uang” merupakan sebuah metafora yang tepat untuk menggambarkan kekuatan waktu ketika dianggap sebagai sumber daya. Ini bekerja dalam dimensi yang berbeda. Misalnya, semakin awal Anda memulai sesuatu, semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk menghasilkan keuntungan bagi diri Anda sendiri, dan semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk mengerjakan proyek tersebut.

Selain itu, satu hari tidak lebih dari 24 jam dan cara Anda membelanjakannya berdampak langsung pada jumlah nilai yang mampu Anda hasilkan. Semakin cepat Anda mempelajari pelajaran ini, semakin banyak waktu yang Anda hemat.

4. Komunikasi dapat mencegah atau menyelesaikan hampir semua masalah

Jika Anda Memiliki Orang-orang di sekitar Anda yang memiliki pemikiran yang sama dengan Anda, maka dalam Bisnis Anda tidak ada yang bisa menghentikan Anda untuk menjadi sukses.

5. Anda tidak perlu menjadi sempurna, Anda hanya perlu menjadi cukup baik

Karena lingkungan bisnis yang serba cepat, kita menunggu untuk bergerak maju dengan inisiatif baru karena inisiatif tersebut tidak cukup sempurna dapat menyebabkan kegagalan inisiatif tersebut. Bisnis yang tangkas, fleksibel, dan mudah beradaptasi yang menunjukkan pemahaman bahwa segala sesuatunya dapat diuji dan dioptimalkan sambil menghasilkan laba atas investasi adalah bisnis yang berhasil.

6. Setiap Idedan  langkah harus diambil berdasarkan kepraktisan

Tidak peduli seberapa bagus, orisinal, atau menariknya ide Anda, ide tersebut hanya akan bernilai jika praktis. Misalnya, jika Anda memiliki proyek untuk video yang luar biasa, namun Anda tidak memiliki sumber daya untuk memproduksinya secara efisien, Anda harus membuang ide tersebut. Hal yang sama juga berlaku untuk ide bisnis apa pun.

Anda mungkin memiliki konsep baru yang revolusioner untuk sebuah perusahaan, namun jika tidak ada cara untuk menjadikannya layak atau menguntungkan, Anda tidak akan dapat beralih ke bentuk eksekusi apa pun. Terkadang ide terbaik harus dikesampingkan karena kurang praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *